Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

Manfaat Kroto Bagi Burung Peliharaan



Apa sebenarnya manfaat kroto  bagi burung peliharaan?, kroto sebenarnya diberikan kepada burung agar  rajin berbunyi dan selalu sehat. Namun setiap penggemar burung bermacam-macam dalam memberikan dosis makan kroto kepada burung mereka. Ada yang memberikan setaip hari setiap sore dan pagi hari, ada juga yang memberikan  dua kali sehari, tiga hari sekali, semimggu sekali atau bahkan memberikan kroto ketika burung kesayangan mereka ingin dilombakan. Intinya tergantung pada kebutuhan mereka.
  MANFAAT KROTO BAGI BURUNG PELIHARAAN Kroto dalam dunia kicau mania kerap kali disebut sebagai extra fooding. Kroto umumnya juga diberikan kepada burung-burung semisal pleci dan murai batu. Dua burung ini jika kekurangan dan kelebihan kroto ada afeknya. Misalkan jika kelebihan kroto, maka dua burung ini bisa menjadi galak seperti halnya dalam kelebihan jangkrik. Lantas bagaimana jika kekurangan extra fooding?
Berdasarkan pengalaman para penggemar burung pleci (kacamata) jika kekurangan kroto maka pleci tidak mau bersuara ngeplong keras atau ngalas, meski usianya sudah lumayan. Pleci hanya bersuara ngriwik, bergaya leher ataupun suaranya kecil. Bahkan ketika dilombakan yang terjadi pleci justru mogok untuk bersuara. Setelah diselidiki ternyata pleci kekurangan makan kroto. Jadi kekurangan extra fooding bisa menyebabkan pleci mogok untuk berbunyi.
Begitu pula dengan burung murai batu untuk menghindari murai mogok berbuyi sebaiknya diberikan kroto agar saat lomba tidak mogok. Tidak hanya itu, agar suara burung bagus saat dilombakan sebaiknya diberikan perawatan harian dengan memberikan kroto, tidak hanya ketika lomba tiba.
Namun yang perlu diingat adalah ketika memberikan kroto kepada murai sebaiknya kroto segar, jangan sampai memberikan kroto yang sudah basi karena bisa membuat suara murai serak dan malas berbunyi. Untuk murai batu sendiri sebaiknya memberikan kroto sekitar 2-3 kali seminggu. Namun, ketika murai batu mengalami rontok bulunya sebaiknya diberikan setiap hari.
Tentunya selain manfaat diatas ada banyak sekali manfaar kroto yang belum penulis sebutkan diatas, semisal untuk mancing, sebaigai bahan obat-obatan dan masih banyak yang lainnya.

Back To Top