Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

MASA PANEN DALAM BUDIDAYA KROTO



Masa panen kroto  dalam budidaya kroto merupakan masa yang paling ditunggu oleh para peternak kroto. Pertanyaan yang kerap kali muncul, kapan waktunya bibit kroto tersebut siap untuk dipanen? Dan berapa kali bibit tersebut di panen dalam waktu satu bulan. Sebelum pertanyaan tersebut dijawab, sobat semua perlu mengetahui bahwa masa semut rang-rang melakukan daur telur dari mulai sebutir pasir, menjadi sebutir sebesar biji padi-menjadi larva dan menjadi pupa membutuhkan waktu 15-20 hari.
Dengan mengetahui daur telur tersebut, maka pertanyaan diatas sangat mudah untuk dijawab. Kroto dapat dipanen setiap 15-20 hari sekali. Kroto dapat dipanen ketika sudah terlihat dididing toples begitu banyak pupa-pupa yang menempel. Itulah sebab, medium ternak kroto yang digunkan untuk budidaya kroto, sebaiknya harus transparan agar bisa melihat apakah bibit kroto tersebut sudah layak untuk dipanen atau belum.
 Lantas bagaimana kita bisa memanen setiap hari. Maka jawabnya, sobat harus memiliki bibit kroto 300 toples dengan ukuran 1 liter atau 2 liter. Dengan kalkulasi tiap hari panen 10 toples selama 30 hari secara bergantian. Umumnya, 1 liter toples menghasilkan 1 ons kroto, maka jika dapat memanen 10 toples, sobat dapat menghasilkan 1 kg kroto bersih dengan harga kisaran 180 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah tergantung harga kroto dikota sobat semua karena harga kroto tiap kota berbeda-beda.
CARA PEMANEN KROTO
Langkah pertama yang harus dilakukan sobat perlu menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Alat-lat tersebut adalah, ember plastik, strimin kawat, sarung tangan plastik. Langkah selanjutnya, letakkan stremin tersebut di atas ember. Setelah langkah tersebut, ambillah bibit kroto sobat lalu goyang-goyang hingga kroto rontok dan semutnya akan menempel pada strimin tersebut. Ingat! Kalau bisa langsung letakkan toples tersebut ketempat semula. Maka sebaiknya, sobat harus menyapkan ember yang lebih banyak agar proses panen tersebut bisa dilakukan dengan cepat.
Umunya dalam waktu 2-3 jam sarang tersebut akan kembali dibangun oleh semut rang-rang. Dalam masa membangun sarang tersebut usahakan jangan sesekali sobat mengoyang atau menyentuh toples agar supaya semut tidak pindah dan enggan membangun sarangnya kembali. Selamat mencoba.
Tag : tips
0 Komentar untuk "MASA PANEN DALAM BUDIDAYA KROTO"
Back To Top