Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

Permasalah Umum Dalam Budidaya Semut Kroto



Berdasarkan pengalam saya dalam budidaya semut kroto,  terdapat beberapa permaslahan umum yang harus dihadapi setiap peternak kroto. Permasalahan umum tersebut antara lain : Pertama, munculnya semut hitam. Sebebenarnya hadirnya semut hitam bersayap ini dalam sebuah koloni semut rang-rang hanya muncul pada bulan-bulan tertentu. Berdasarkan pengamatan saya,  semut ini muncul antara bulan September, Oktober dan Desember. Kehadiran semut ini  memang sebuah siklus alam dimana semut hitam memiliki peran sebagai semut untuk mencari sarang baru  bagi koloni untuk ditempati. Jadi sahabat semua jangan kawatir dengan kehadiran semut hitam bersayap ini.

Lantas bagaimana cara mengusirnya, caranya cukup mudah, pasangi lampu neon pada tempat budidaya kroto juragan,lalu tunggu pagi harinya semut hitam akan semakin berkurang. Sebenarnya hadirnya semut hitam hanya musiman, nanti ketika bulan Januari akan normal kembali. Jadi kita jangan bingung dengan kehadiran semut hitam tersebut. Jangan pula mengusir semut hitam dengan cara mengambilnya dari sarang, sebeb dengan pengusir paksa bisa berakibat fatal bagi produksi kroto.


Kedua, semut kroto pindah sarang. Nah biasanya ketika  sarang sudah sangat tua  umur 2 bulanan semut akan pindah ke toples lain. Mengapa demikian?karena sarang semut yang dahulu sudah tua. Ciri-ciri sarang yang sudah tua adalah ketika sudah berumur dua setengah bulan atau ketika sarang sudah terlihat tebal dengan warna putih pucat. Ketika sarang dalam toples demikian, maka sarang tersebut harus kamu ambil kemudian di rusak. Jadi ketika semut pindah sarang merupakan hal yang lumrah.

Ketiga, semut kroto pada jatuh kelantai. Untuk masalah yang ketiga ini coba kamu cek ruangan apakah terlalu panas atau tidak. Jika ruangan untuk budidaya memang panas kamu harus mengganti ruangan untuk budidaya semut kroto sahabat semua. Tapi kalau ruangan bersuhu sedang kemungkinan semut pada jatuh kelantai karena air gula  dalam wadahnya habis bisa juga karena telat memberikan makan. Namun untuk masalah yang ketiga ini terjadi juga disebabkan karena dalam rak tidak ada ratunya karena naluri semut kroto akan mencari ratu.

Untuk menghidari empat hal diatas, sahabat semua bisa melakukan trik-trik yang pernah saya lakukan dan alhamdulillah terbilang sukses. Trik tersebut antara lain. Menyemprotkan air di rak-rak budidaya kroto. Tujuannya agar suhu ruangan segar dan membuat rak menjadi sebab.Jangan telat memberikan makan ketika umur semut kisaran antara 10-15 hari. Karena pada umur tersebut semut kroto membutuhkan asupan makan yang tinggi
0 Komentar untuk "Permasalah Umum Dalam Budidaya Semut Kroto"
Back To Top