Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

Cara mendapatkan Semut Rang-Rang Dari Alam



Kini semut rang-rang  keberadaanya  di alam liar  banyak diburu oleh  masyarakat  untuk di ambil krotonya. Karena banyak di buru tiap hari untuk memenuhi pakan burung keberadaanya di alam liar semakin berkurang.  Dari sinilah kemudian lahir ide untuk membudidayakan semut rang-rang tersebut. Seperi budidaya pada umunya, budidaya semut ini juga membutuhkan bibit untuk di kembangkan. Lantas pertanyaanya dari mana kita bisa mendapatkan bibit tersebut?




Tulisan saya ini sebenarnya hanya akan menjawab pertanyaan tersebut, pasalnya banyak sekali masyarakat yang antusias ternak semutrang-rang namun mereka masih kebingungan dalam mendapatkan bibit semut rang-rang tersebut. Bibit semut rang-rang tersebut sebenarnya sangat mudah untuk didapat.  Kamu bisa mengambil dari alam atau membeli bibit dari para peternak kroto yang harganya kisaran antara 35-40 tersebut tergantung kota dan wilayah kamu semua.

Namun, sebelum kamu mencari bibit semut rang-arang, terlebih dahulu kamu harus membuat rak untuk menaruh bibit semut rang-rang tersebut. Terkait masalah rak idealnya kamu bisa membuat dari bahan kayu seperti kayu sendurgon, kayu mangga, kayu nangka. Jenis kayu tersebut biasnya banyak disukai semut rang-rang di alam liar.
Ukuran bebas, namum yang biasa digunaka adalah lebar ½ meter, panjang 2 meter dan tinggi 1 ½ meter dengan di buat bertingkat-tingkat.

Setelah rak sudah kamu buat saatnya kamu berburu bibit semut rang-rang dialam bebas. Alat-alat yang perlu disiapkan antara lain: guting ranting, kaus tangan karet, dan karung. Setelah  alat tersebut terkumpul kamu bisa langsung ke TKP. Umumnya semutv rang-rang dialam liar ada dibeberapa pohon seperi pohon nangka, pohon mangga, rambutan, durian dan tetenya masih banyak lainya.

Cara mengambilnya

Setelah melihat adanya bibit semut rang-rang dialam, gunakanlah gunting ranting untuk mengambilnya. Caranya dengan memontong ujung daun yang ada sarang semutnya. Setelah jatuh ketanah, kamu langsung memasukannya kedalam karung. Saran saya ambil sebanyak-banyaknya agar kamu mendapatkan bibit banyak.

Setelah terkumpul bibitnya dalam karung lalu tumpahkan sarang tersebut di rak kamu yang sudah kamu buat. Hancurkan sarangnya terlebih dahulu agar semut pada keluar. Langkah selanjutnya siapkan toples-toples kosong dengan diberi lumang

kecil-kecil disekelingnya. Soal medium yang digunakan bebas terserah apa yang kamu inginkan. Bisa juga menggunakan kardus dan bambu. Tunggu 4-sampai 5 hari semut rang-rang tersebut akan masuk dalam medium yang telah kamu siapkan.

Namun, dalam bebepa hal memang ada beberapa kasus semut ngambek dan akhirnya mati karena tidak mau makan. Untuk itu kalau kamu punya modal bisa membeli bibit dari petani kroto. Kebetulan saya menyediakan bibit kroto yang berkualitas dan siap memberikan pendampingan kepada kamu semua yang ingin budidaya ternak kroto. Selamat mencoba dan terimakasih. Salam dari http://indobibitkroto.blogspot.com/
3 Komentar untuk "Cara mendapatkan Semut Rang-Rang Dari Alam "
Back To Top