Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan



Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan 

Mengetahui cara budidaya kroto  merupakan hal yang bijak kita lakukan sebelum memulai budidaya kroto. Sebab, dengan mentahui caranya, maka budidaya yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan maksimal. Kata seorang bijak ‘ Pelajari ilmunya dulu sebelum melakukan sesuatu maka hasilnya akan berbuah manis. Pendek kata, bagaimana cara budidaya kroto itu?

Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan Langkah pertama yang perlu kita lakukan pastinya membekali kita dengan ilmu budidaya kroto atau cara budidaya kroto yang baik yang benar. Dalam hal ini kita bisa belajar kepada teman, saudara, kenalan, petani kroto atau membeli buku tetang cara budidaya kroto, tapi saya sarankan supaya berlajar langsung kepada orang karena anda bisa langsung praktik secara langsung dan pastinya akan lebih jelas. 

Untuk langkah yang pertama, ketika anda ingin terna semut rang-rang, anda  terlebih dahulu membuat rak yang terbuat dari kayu jangan rak yang terbuat dari besi, seng, dan sejenisnya. Soal ukurannya anda bebas menentukan ukurannya, namun jika ingin efektif saya sarankan supaya membuat yang lebih besar agar nantinya supaya ketika hasil budidaya kroto anda dari hari-kehari semakin banyak, tidak membuat rak lagi. 

Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan Soal rak umunya untuk bibit kroto 300 toples anda bisa membuat rak dengan panjang 2 meter dengan lebar ½ meter persegi di buat dengan 3 sap atau 4 sap. Kaki rak usahakan juga agak panjang, karena di kaki tersebut nantinya akan dipasang wadah dengan isi air atau oli untuk menghabat semut kroto keluar dari rak budidaya kroto anda
Setelah rak terpenuhi, beli peralatan-peralatan seperti:

  1. Sarung tangan berfungs dipakai di dua tangan anda ketika panen, memindahkan bibit ataupun menghidari tangan anda dari gigitan semut rang-rang.
  2. Cawek (lepek) berfungsi sebagi wadah makanan dan minuman semut rang-rang
  3. Toples kosong berfungsi sebagai tempat sarang semut kroto
  4. Tepung kanji berfungsi untuk dilumpurkan di tangan anda agar semut tidak menggigit

Peralatan-peralan di atas dapat anda beli di toko-toko peralatan dapur di kota terdekat anda
Langkah kedua, membeli bibit kroto yang berkualitas di petani-petani kroto yang menjual bibit kroto. Sedangkan ciri-ciri bibit kroto yang bagus sudah ada sarangnya (baca :


Langkah ketiga, beri makan semut rang-rang dengan ulat hongkong, jangkrik, belalang, ulat pisang, cacing tanah. Untuk minumannya sendiri beri air  gula secukupnya. 
Cara perawatannya

    Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan
  1. Cek air atau oli di kaki-kaki rak apakah sudah menguap atau belum, jika sudah, anda bisa menambahkan oli atau air secukupnya.
  2. Cek makanan dan minuman semut rang-rang apakah suda habis atau belum. Umumnya untuk 100 toles bibit kroto membutuhkan kurang lebih 1 ons ulat hongkong dan 1 liter air gula dalam tiga hari sekali.
  3. Hindari merokok di kandang budidaya kroto anda.
  4. Hindari terlalu sering menengok budidaya kroto anda.
  5. Hidari memberi makanan yang mengandung minyak.
  6. Semprot semut kroto dengan air dengan semprotan burung agar semut segar.
3 Komentar untuk "Cara Budidaya Kroto Yang Perlu di Amalkan "
Back To Top