Pusat Layanan Konsultasi seputar cara budidaya kroto, Ternak Koto Serta jual beli bibit kroto I Phone 089694276522 PIN BB 7FBDE9CO

Tips Ternak Kroto Medium Toples



Ternak kroto medium toples atau yang biasa disebut ternak kroto modern adalah cara ternak semut rang-rang yang dikembangkan dalam sebuah toples dengan ukuran tertentu. Namun ternak kroto tidak hanya menggunakan toples, bisa juga menggunakan medium bambu, pralon, kardus dan juga akurium . Jadi sebenarnya medium toples hanya sebagian  dari beberpa medium lainnya. Medium toples ini biasanya dipilih hanya agar mengetahui kapan kroto bisa dipanen karena kroto akan kelihatan jelas ketika menggunakan toples karena bentuknya yang transparan. Dengan model toples yang transparan tersebut peternak bisa melihat kroto sudah layak dipanen atau belum


Lantas bagaimana cara kita cara ternak kroto dengan medium toples. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat rak terlebih dahulu sebagai tempat untuk menaruh toples-toples tersebut. Soal kayu yang  bagus buat menaruh toples, pengalaman peternak adalah kayu sengon, kayu mangga, kayu  nangka, serta kayu-kayu lain yang biasanya ditempati semut rang-rang dialam. Para pembaca yang budidaman, kayu-kayu yang penulis rekomendasikan harus benar-benar  dipraktikkan karena sangat berpangaruh dalam menghasilkan kroto yang nantinya kita panen.

Setekah rak sudah terbuat  baru pembaca yang budiman membeli bibit kroto kepada para petani yang sudah terlebih  ternak kroto. Bibit kroto ini harganya bervariasi. Kebetulan saya juga menjual bibit kroto yang bisa digunakan ternak kroto pembaca yang budiman semua. Langkah selanjutnya setelah memberli bibit, bisa langsung ditaruh dirak-rak yang sudah dibuat tersebut.

Proses Perawatannya

Setelah bibit kroto sudah ditaruh dalam sebuah rak. Langkah yang perlu dilakukan adalah menyiapkan makanan dan minuman semut rang-rang dalam sebuah wadah khusus. Makanan semut rang-rang sediri adalah sebangsa ulat:

ulat hongkong, ulat kandang, ulat pisang, jangkrik dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makanannya sendiri air yang sudah dicampur dengan  gula pasir.   Mudah bukan.

Para pembaca yang budiman, setelah bibit kroto menempati dirak selama kurang lebih 1 minggu. Maka siapkanlah toples-toples kosong yang sudah terlubangi. Fungsi toples-toples kosong ini yang penulis maksud dengan pengembangbiakan atau cara memperbacak bibit kroto. Secara otomatis jika bibit banyak maka kita juga bisa memanen kroto  banyak juga.

Cara yang tepat untuk menaruh toples kosong ini dipinggir-pinggir rak. Usahakan rak yang paling atas dikosongi untuk menaruh toples kosong ini karena  sifat semut rang-rang suka  merabat ketempat yang lebih tinggi. Tunggu selama satu minggu maka toples kosong tersebut aka ada sarang semut, meski hanya kelihatan transparan. Ketika sarang baru umur 1 minggu ini hindari  kegiatan seperti menggoyang-goyangkan rak semut, atau memindah toples tersebut karena bisa menyebabkan  semut akan pindah keluar.

Demikian beberapa ulasan tetang ternak kroto  medium toples, semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca yang budiman semua. Nantikan ulasan berikutnya tetang cara ternak kroto. Terimakasih.
1 Komentar untuk "Tips Ternak Kroto Medium Toples "
Back To Top